Senin, 26 Mei 2014

Saat Dikecewakan Pasangan, Lakukan 4 Hal Ini

Alissa Safiera - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Menjalani hubungan cinta sebagai pasangan tentunya tidak bisa berjalan mulus selalu. Bisa saja ia melakukan sesuatu yang mengecewakan dan sulit dilupakan. Mungkin saja berbohong, membatalkan janji sepihak ataupun selingkuh.

Jika sudah begitu, keputusannya ada pada Anda untuk memaafkan atau justru meninggalkannya. Namun perlu diingat, keputusan tersebut harus diterima konsekuensinya. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan saat dikecewakan kekasih.

1. Ungkapkan Perasaan
Psikolog klinis dewasa Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, menuturkan ketika tahu pasangan berbuat salah sebaiknya tidak perlu menahan amarah yang ingin dikeluarkan. Luapkan saja semua rasa kecewa Anda tapi tidak memakai kata-kata yang kasar.

"Tidak usah terlalu jaim. Kita omongin saja yang kita rasakan. Mungkin pemilihan kata-katanya saja jangan yang kasar, nggak usah terlalu teriak-teriak, marah mah marah saja," tutur Diana saat berbincang dengan wolipop beberapa waktu lalu di kawasan Artha Gading, Jakarta Utara.

2. Me Time
Setelah emosi mereda, jika Anda butuh waktu sendiri beritahukan pasangan. Terkadang Anda butuh waktu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan sendirian atau bersama teman-teman. Kegiatan tersebut berguna untuk menenangkan diri agar pikiran lebih segar.

3. Bicara Saat Sudah Tenang
Jika sudah merasa lebih tenang, ajak pasangan bertemu untuk membicarakan semua permasalahan yang sedang melanda hubungan Anda.

"Setelah dimaafkan harus bicara, maunya apa, gimana, apa yang harus diperbaiki, kenapa dia melakukan kesalahan itu. Mungkin ada hal-hal dari diri kita yang harus diperbaiki, kita evaluasi lagi diri kita. Saling pengertian saja yang namanya pacaran latihan orang nikah," saran Diana.

4. Beri Waktu Berpikir
Meskipun sudah memaafkan, tentu sulit bagi Anda untuk kembali percaya dengan pasangan. Wanita 40 tahun itu menyarankan, jika Anda masih sayang tidak ada salahnya memberikan kesempatan kedua. Berikan dia waktu untuk menunjukkan perubahannya tapi Anda perlu memberikan batas waktu. Bila setelah batas tersebut belum bisa percaya kembali dengannya, sebaiknya Anda memikirkan untuk melanjutkan hubungan atau menyudahi saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar